Ciri-Ciri Software Yang Terinfeksi Virus dan Cara Membasmi Virus Komputer atau Laptop


Download Beta


Pernahkah laptop atau komputer kalian diserang virus? Virus apa? Sebenarnya banyak sekali virus yang tersebar di dunia ini. Penyebarannya pun sangatlah mudah dan cepat, biasanya melalui media software, kemudian software itu ditaruh flashdisk, dan flashdisk dipindahkan ke komputer lain. Semudah itulah penyebaran virus.
Sebenarnya ada satu virus yang sangat populer di mata saya, karena saya sangatlah sering menemui virus ini. Kalau tidak salah jenisnya warm. Saya pernah mengalami hal yang serupa dengan kawan-kawan saya yaitu laptop/komputer kita terserang virus ini.
Virus ini sebenarnya tidak berbahaya dalam jangka waktu pendek, tapi mungkin untuk jangka waktu panjang akan berbahaya bagi sistem (OS). Namun... Saya punya solusinya kok. Tapi  sebelumnya, kita lihat dulu beberapa tanda-tanda laptop atau software yang terinfeksi virus.

A. Ciri-ciri atau tanda-tandanya :
Ketika ada flashdisk yang tertancap, maka secara otomatis virus mengcopy beberapa file dengan nama software tertentu dan satu file dengan nama “autorun.inf” yang sudah dimodifikasi oleh virus.
Kedua jenis file ini tidak bisa dilihat secara kasat mata, harus dengan cara khusus. Berikut saya bocorkan sedikit cara melihatnya.
a. Install SMADAV, buka SMADAV
b. Kalau sudah, buka menu TOOLS, kemudian klik submenu ‘System Editor’
c. Klik tombol “Select All”, kemudian klik “Apply & Restart Explorer”
d. Tunggu sebentar, jika sudah normal kembali, buka disk yang memuat flashdisk anda
e. Lihatlah di dalamnya. Jika ada beberapa file dengan format “.exe” yang warnanya buram atau tidak sejelas file lain, maka flashdisk anda sudah dimasuki virus yang siap melahap laptop yang lain atau bahkan melahap laptop/komputer anda sendiri. Hapus semua file tersebut. 

Catatan : biasanya smadav bisa mendeteksi virus-virus itu.

Tunggu beberapa saat, kemudian cek lagi, jika tiba-tiba muncul virus-virus itu lagi, maka sudah bisa dipastikan bahwa laptop/komputer anda terinfeksi virus.

B. Ciri-Ciri Software Yang Terinfeksi Virus
Biasanya penyebaran virus juga melalui software yang diinfeksi sebelumnya. Ciri-cirinya, ketika software itu akan diinstall (double click), maka akan muncul jendela semacam ini :

Yang saya pakai contoh di gambar ini bukan virus, ini adalah injek yang dianggap virus. Tapi jika software tersebut bukan termasuk crack atau injek atau sejenisnya, tapi tetap memunculkan jendela seperti di gambar, maka dapat dipastikan bahwa software itu terinfeksi virus. Dan sayangnya, meskipun di jendela itu ada dua pilihan “Allow Access” dan “Cancel”, anda tetap tidak bisa menyelamatkan laptop/komputer anda, karena meskipun anda tidak menekan kedua tombol ini, laptop/komputer anda sudah pasti terjangkit virus.

Catatan : biasanya jika itu virus, maka di jendela itu yang ada di  kolom ‘Name’ adalah nama browser default anda, misalnya iexplorer, firefox, chrome, dll.

C. Cara Mengatasi Virus
Dengan sangat menyesal, laptop anda tidak bisa diselamatkan secara sempurna. Jika ingin diselamatkan secara utuh, anda harus install ulang laptop anda.
Tapi, ada alternatif lain. Cara ini tidak bisa digunakan menghapus virus induk, tapi setidaknya bisa mengurangi efek dari tindakan virus itu sendiri. Daripada harus install ulang terus-terusan. Iya kan?
- Jika muncul jendela seperti yang ada di gambar di bawah ini, anda harus segera melakukan langkah-langkah yang akan saya beritahukan nanti di bawah.

- Tutup semua aplikasi (terutama browser seperti firefox, iexplorer, chrome, dll)
- Buka ‘Task Manager’ anda, caranya tekan tombol keyboard bergambar logo WINDOWS dan tombol keyboard hufuf “R” secara bersamaan (windows + R), ketik “taskmgr.exe”, kemudian klik “OK”, pilih tab “Processes”
- Lihatlah di dalamnya, cari nama browser default anda, seperti ‘iexplorer.exe’, ‘firefox.exe’, ‘chrome.exe’, dll
- Jika sudah ketemu, klik kanan tepat di nama sofware itu, kemudian pilih “End Process Tree”
- Jika sudah, langsung anda buka menu START anda di pojok kiri bawah, klik ‘ALL PROGRAMS’, buka folder ‘STARTUP’
- Lihat di dalamnya, jika ada file/sofware dengan nama yang hancur atau acak-acakan, maka itulah salah satu produk dari virus induk (misal : frkgjg.exe). Segera hapus software itu dari dalam startup.
- Selesai dah.

D. Cara Menghalangi Usaha Virus Untuk Menginfeksi Software Kita di Flashdisk
Caranya sangatlah mudah, saya menemukan cara ini sudah cukup lama, saya juga sudah pernah posting di link ini. Perhatikan dan lakukan!
- Buatlah folder dengan nama bebas tapi diakhirannya diberi imbuhan ‘.inf’ . Contoh : ADITIA.INF
- Masukkan software anda yang masih bersih (yang belum terinfeksi virus) ke dalam folder tersebut
- Selesai. Software anda akan aman dari gangguan virus.

Catatan : berhati-hatilah! Cek dulu di komputer warnet atau di laptop orang lain untuk memastikan software anda bersih, setelah itu baru masukkan ke dalam folder. Virus tidak akan berani menyentuh software ataupun file yang tersimpan di dalam folder dengan ekstensi .inf

Cara ini yang menemukan adalah saya, jadi anda tidak diperbolehkan mengakui cara ini sebagai cara temuan anda!

Catatan : Jika folder anda tidak terbaca / tiba-tiba hilang, itu bukan hilang, tapi di hidden. Terkadang ada sistem yang menganggap bahwa folder dengan ekstensi .inf adalah hidden file. Jika terjadi semacam itu, lakukan langkah-langkah yang ada di poin A (a,b,c)



Share this post :

+ komentar + 2 komentar

2 Mei 2016 15.38

Yuk Mari buat kalian yang masih mencari lowongan mampir ke website Lokerpro.com setiap hari bakal update info mengenai lowongan2 kerja >> Lowongan kerja terbaru di www.lokerpro.com

2 Mei 2016 15.38

Siapa nih yang masih Jomblo yang lagi cari pasangan atau cuma sekedar cari temen ya kunjungi >> situs www.jodohgue.com

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.