Cara Mudah Membuat Rapor Sendiri Untuk Wali Kelas (Siswa Juga Bisa Pakai Kalau Mau)


Download Beta


New Update : Rapor Creator (Umum)

Sedia juga :
- Rapor Creator dengan Jumlah Mata Pelajaran (Mapel) lebih dari 20
- Rapor Creator dengan format UNIVERSITAS (UGM)

Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan, anda pasti sering melihat nilai terutama Wali Kelas. Nah, kali ini saya ingin berbagi atau mengshare sebuah project baru saya yaitu RAPOR CREATOR. Sebenarnya ini bukan SOFTWARE, melainkan file Ms. Excel yang sudah terinclude rumus sehingga bisa langsung digunakan untuk membuat sebuah RAPOR. RAPOR CREATOR ini aman dan mudah digunakan. Bahkan bisa di PRINTOUT.

 Berikut ini beberapa versi yang sudah berhasil saya buat. Silakan disimak. Jika tertarik, silakan gunakan.

Rapor Creator (SD) (BERBAYAR)
File yang bagaimanakah ini?
Rapor Creator adalah file yang ditujukan untuk GURU/PENGAJAR terutama GURU SD (Sekolah Dasar). File ini bisa digunakan untuk membuat RAPOR / RAPOT / RAPORT tanpa bersusah payah. Secara otomatis terisi dan powerfull dengan rumus-rumusnya. Dijamin anda akan merasa terbantu dengan file ini.
Apa saja fiturnya?
1. Halaman “HOME”

2. Halaman “MAPEL” digunakan untuk mengisikan Mata Pelajaran dan KKM yang akan dicantumkan di dalam RAPOR. Ada juga Rata-Rata Kelas yang akan secara otomatis terisi berdasarkan nilai yang ada di halaman “NILAI”

3. Halaman “DATA SISWA dan SEKOLAH” digunakan untuk mengisikan daftar nama siswa, NIS, dan informasi tentang sekolah (SD) anda.

4. Halaman “NILAI” digunakan untuk mengisikan nilai semua siswa yang ada di dalam satu kelas. Di halaman ini dilengkapi dengan kolom “JUMLAH” dan “RANK/RANGKING” yang secara otomatis terisi.

5. Halaman “RAPOR” digunakan untuk membuat satu halaman RAPOR/RAPOT. Anda hanya perlu memasukkan salah satu nomor Absen Siswa, kemudian sistem akan mengisi setiap kotaknya secara otomatis sesuai data sebelumnya.


Rapor Creator (Umum) (BERBAYAR)
File yang bagaimanakah ini?
File ini prinsipnya sama dengan Rapor Creator (SD). Namun ada beberapa hal yang berbeda di dalamnya. Bisa dikatakan bahwa file ini merupakan perbaikan dari Rapor Creator (SD). Rapor Creator (Umum) ini bisa digunakan oleh semua guru (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, atau yang lainnya). File ini lebih mudah digunakan.
New Release
- Ada 2 jenis nilai yang bisa dimasukkan yaitu Nilai Teori dan Praktik,
- Ditambahkan kolom Sikap,
- Ditambahkan kolom Huruf. Kolom ini adalah kolom yang akan membaca nilai yang ada di sampingnya,
- Disediakan halaman “RAPOR-MULTI PRINT” yang bisa digunakan untuk mencetak rapor 10 siswa sekaligus.
-  Ditambahkan menu “HURUF” yang digunakan untuk mengedit pembacaan nilai menjadi teks yang akan dimunculkan di rapor.

Apa saja fiturnya?
1. Halaman “HOME”. Di dalam halaman ini, terdapat data tentang pembuat (saya) dan data tentang file. Selain itu, di bawah juga ada kotak AKTIVASI. Kotak ini harus anda isi agar file anda terbebas dari gangguan.

2. Halaman “SISWA & SETTING” yang digunakan untuk memasukkan data siswa dan mengatur data umum yang akan digunakan sebagai sumber data rapor. Di dalam versi ini, Anda bisa memasukkan hingga 250 siswa.

3. Halaman “MAPEL” digunakan untuk mengatur apa saja Mata Pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam Rapor. Versi ini juga dilengkapi dengan nilai PRAKTIK. Jika ada nilai praktik untuk mapel tertentu, maka centang sesuai urutan mapel.

4. Halaman “NILAI” merupakan halaman yang bisa digunakan untuk memasukkan data nilai siswa yang akan diolah dan dimasukkan ke dalam Rapor. Ada dua jenis nilai yaitu Teori dan Praktik.

5. Halaman “SIKAP” digunakan untuk memasukkan data Sikap siswa ketika mata pelajaran tertentu.

6. Halaman “RAPOR-SINGLE PRINT” adalah halaman OUTPUT yang menunjukkan hasil belajar siswa sesuai dengan data yang sebelumnya sudah dimasukkan. Di halaman ini, anda cukup mengetikkan No. Urut Siswa atau mengklik panah ke atas/ ke bawah.

7. Halaman “SET-MULTI PRINT” digunakan untuk mengatur data yang akan ditampilkan di halaman “RAPOR-MULTI PRINT”. Maksudnya, data yang akan ditampilkan dan dicetak adalah data dari No. Urut siswa ke – berapa sampai siswa ke – berapa.

8. Halaman “RAPOR-MULTI PRINT”. Halaman ini sama dengan halaman no.6. Bedanya, jika di halaman sebelumnya anda hanya bisa mencetak 1 rapor, di halaman ini anda bisa menampilkan dan langsung mencetak 10 Rapor sekaligus.


No
Nama File
Harga (Nego) – Lihat Bonus Harga dari saya
Download
1
Rapor Creator (SD)
Rp 75.000
2
Rapor Creator (Umum)
Rp 100.000
Atau

Tunggu versi berikutnya!


Cara Menggunakan Rapor Creator (SD) ___ Versi lain menyesuaikan.
1. Install terlebih dahulu Rapor Creator (SD).
2. Buka (Klik 2x) shortcut yang ada di DESKTOP.
3. Muncul halaman AKTIVASI. Masukkan kode aktivasi yang sudah anda dapatkan setelah membeli file ini. Kode ini akan menghilangkan semua teks yang menggangu di halaman “RAPOR”.

4. Klik (buka) halaman “MAPEL”. Isikan Mata Pelajaran yang ada di sekolah (SD) anda. Isikan juga KKM sesuai mata pelajarannya.

5. Setelah selesai, buka halaman “Data Siswa dan Sekolah”. Isikan data siswa (NIS dan Nama). Setelah itu, isikan data sekolah (SD) anda. Isikan data kelas, semester, dll juga. Perhatikan aturan penulisan pada kotak SEMESTER. Kotak SEMESTER harus diisi dengan angka biasa (1/2), bukan angka romawi (I,II). Semester ini akan mempengaruhi tampilan halaman RAPOR. Jika Semester 1, maka akan ada kotak CATATAN. Jika semester 2, kotak catatan akan hilang dan akan digantikan dengan kotak KEPUTUSAN naik kelas atau tinggal kelas.

6. Setelah beres semuanya, klik halaman “Nilai”. Isikan nilai sesuai mapel dan nama siswanya.

7. Setelah semuanya terisi, silakan anda buka halaman “RAPOR”. Isikan nomor urut/absen siswa pada kotak ORANGE  yang sudah disediakan. Setelah itu, anda bisa mencetak halaman tersebut. Ketentuan ukuran dan Margin serta ORIENTATION sudah ada di halaman tersebut.



Share this post :

+ komentar + 4 komentar

31 Maret 2013 23.51

de kami mau pakai karya ade yaitu HAJAR versi 2,0.
gimana cara aktivasinya. trimakasih sebelumnya

2 April 2013 19.39

@de Best from West Hubungi saya melalui sms. Data saya ada di menu About. Terimakasih.

14 Oktober 2013 20.41

Untuk testimonial. silakan buka http://my-axes-educate.blogspot.com/p/testimonial.html

14 Oktober 2013 20.41

Untuk testimonial. silakan buka http://my-axes-educate.blogspot.com/p/testimonial.html

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.