Kami dan Kita, Apa Perbedaannya? (Salah Kaprah)


Download Beta


Sobat, sebagai orang Indonesia, kita patut tahu mengenai bahasa kita yaitu bahasa Indonesia. Banyak sekali kata-kata dalam bahasa Indonesia dan setiap kata tersebut mempunyai makna yang khas dan berbeda dengan kata lain.

Kali ini kita akan membahas perbedaan antara kata “KAMI” dan “KITA”. Kenapa harus kita bahas? Karena dalam kenyataannya, masih banyak orang yang salah dalam mengartikan kedua kata tersebut sehingga sering kali mereka salah saat menggunakannya.

Sebelum pembahasan, setidaknya kita harus mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terlebih dahulu agar terjadi syncronisasi antara pengertian yang benar dengan pembahasan kita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kata “KAMI” adalah sebagai berikut
ka·mi pron 1 yg berbicara bersama dng orang lain (tidak termasuk yg diajak berbicara); yg menulis atas nama kelompok, tidak termasuk pembaca; 2 yg berbicara (digunakan oleh orang besar, msl raja); yg menulis (digunakan oleh penulis)

Sedangkan pengertian kata “KITA” adalah sebagai berikut
ki·ta pron 1 pronomina persona pertama jamak, yg berbicara bersama dng orang lain termasuk yg diajak bicara; 2 cak saya;
-- orang cak kita;

Nah, dengan memahami kedua pengertian tersebut seharusnya kita sudah bisa membedakan antara kata “KAMI” dan “KITA”. Masih belum paham? Oke deh, saya coba jelaskan sedikit.

1a. Kata KAMI digunakan sebagai Pronoun (Kata Ganti = kata yang digunakan untuk menggantikan sesuatu dengan makna tertentu) orang yang berbicara bersama dengan orang lain namun tidak termasuk yang diajak berbicara. Contohnya :
a. Aku dan Ardy berbagi kue. Jika menggunakan kata ganti “KAMI”, maka akan menjadi  KAMI berbagi kue.
b. Aku, Asri, dan Jefri berpetualang menembus hutan. Jika menggunakan kata ganti “KAMI”, maka akan menjadi KAMI berpetualang menembus hutan.

1b. Menulis atas nama kelompok. Kata ganti “KAMI” juga digunakan saat menulis surat atau apapun atas nama kelompok. Contohnya :
a. Demikian surat izin ini KAMI sampaikan. Kata “KAMI” merupakan pengganti dari beberapa orang yaitu yang menulis surat dan seseorang/banyak orang yang diajak/dianggap si penulis surat sebagai yang menulis surat. Jadi seolah-olah surat tersebut disampaikan oleh kedua orang tersebut atau banyak orang.

2. Kata “KITA” juga merupakan kata ganti. Namun bedanya di sini kata KITA merupakan kata ganti untuk orang yang berbicara/menulis (perorangan ataupun kelompok) dan orang yang diajak berbicara/menulis. Contohnya :
a. SLOGAN AJAKAN è Mari KITA (i) jaga kelestarian lingkungan dan budaya KITA (ii).
(i). KITA sebagai kata ganti penulis/pembuat slogan (perorangan ataupun kelompok) dan orang yang diajak berbicara yaitu orang yang akan membaca slogan tersebut.
(i). KITA sebagai kata ganti kepemilikan. Maksudnya kata benda sebelum kata KITA (ii) merupakan milik dari penulis/pembuat slogan (perorangan ataupun kelompok) dan orang yang diajak berbicara yaitu orang yang akan membaca slogan tersebut.

Nah, gimana sobat? Sudah pahamkah kalian? Masih belum juga? Waduh. Oke deh, saya kasih rangkumannya secara singkat melalui tabel tentang perbedaannya.
No
Perbedaan
Kami
Kita
1
Kata Ganti
Aku dan dia ,
Aku dan Mereka*.
Aku dan kamu (yang diajak berbicara)
Aku, dia, dan kamu
Aku, mereka, dan kamu





*Mereka = me·re·ka /meréka/ pron dia dng yg lain; orang-orang yg dibicarakan: Toto bertemu dng Amir di jalan, lalu -- pergi bersama-sama ke sekolah

Itulah sedikit pembahasan yang semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang tatabahasa Indonesia. Sehingga diharapkan dikemudian hari kita tidak salah dalam menggunakan kata-kata tertentu. 

Terimakasih.

Referensi :
- KBBI Offline V1.3

Jangan lupa tinggalkan komentar.



Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.