Cara Mengatasi Korupsi, Pandanganku


Download Beta



Artikel ini dulunya admin posting di http://salansi.blogspot.com. Namun sekarang blog tersebut sudah admin pusatkan di My-Axes.

Seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya, korupsi kini menjadi momok yang sering diperbincangkan, baik di media cetak maupun media elektronik seperti TV, sampai ke media online yaitu di dunia maya (internet). Salah satunya adalah pembahasan di blog ini.

Sebenarnya korupsi merupakan sifat yang bisa disimbolkan seperti virus yang bisa menyerang siapa saja yang memberikan kesempatan kepada virus tersebut untuk menyerang dan merusak sifat baiknya kemudian mengubahnya menjadi sifat buruk yang merugikan banyak orang.

Karena itulah, kita sebagai generasi muda yang bersih harus berusaha untuk membasmi penyebaran virus korupsi yang semakin mewabah di dunia, terutama di Indonesia. Karena kita cinta Indonesia dan menginginkan Indonesia bersih dari virus tersebut, mari kita berusaha membasminya sebisa kita. Berikut ini beberapa solusi yang bisa saya tawarkan. Semoga ada yang mencoba untuk melaksanakannya.

1. KPK jangan sampai dibubarkan
KPK jangan sampai bubar jika kita ingin membasmi korupsi. Kenapa? Coba kita lihat sebelum KPK terbentuk, apakah ada kasus korupsi yang terungkap? Tentu jawabannya tidak. Kalaupun ada, itu tidak sampai ke akar-akarnya. Jadi, sebisanya kita pertahankan lembaga KPK sehingga KPK bisa membasmi pelaku dan menyelidikinya sampai ke akar-akarnya. Sehingga suatu saat nanti, Indonesia bisa menjadi negara yang bersih dengan KORUPSI.

2. Perkuat dan Pertegas Sanksi Hukum Bagi Para Koruptor
Dengan cara ini, orang-orang yang awalnya berniat untuk korupsi akan beralih pikiran sehingga tidak jadi melakukan korupsi. Karena dia akan takut dengan sanksi yang semakin kuat dan tegas tersebut. Coba saja kita lihat di tahun ini (2012) dan di tahun-tahun sebelumnya. Sanksi yang diberikan kepada koruptor masih tergolong ringan. Sanksi yang kurang tegas ini memberikan peluang kepada koruptor yang sudah dipenjara dan sudah dibebaskan. Bagaimana bisa? Koruptor itu akan melakukan korupsi lagi. Karena dia tahu bahwa sanksi atau hukuman yang telah dia jalani itu tidak ada artinya baginya. Sehingga itu tidak akan memberikan efek jera, justru malah memberikan kesempatan kepada dia untuk melakukannya lagi.

3. Sosialisasi Dampak Negatif Korupsi
Sosialisasi adalah langkah paling tepat untuk menghambat laju pertambahan koruptor. Sosialisasi yang diberikan adalah berisi tentang dampak-dampak negatif jika melakukan korupsi. Berikut ini beberapa dampak negatif yang bisa saya sampaikan :

a. Mendapatkan Sanksi Hukum Dari Negara
                Jika ada orang melakukan korupsi, maka dia akan mendapatkan sanksi hukum dari negara sesuai apa yang telah dilakukannya. Dan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

b. Mendapatkan Sanksi Sosial dari Masyarakat
                Pelaku/koruptor akan mendapatkan sanksi lain yaitu sanksi sosial dari masyarakat. Sesuai dengan wilayahnya dan orang yang mengenalnya. Semakin luas wilayah dan semakin banyak orang mengenalnya, maka dia akan mendapatkan sanksi sosial yang semakin berat.

c. Orang Terdekatnya Akan Merasa Malu
                Jika koruptor itu tidak merasa malu, tapi orang-orang terdekatnya mendapatkan rasa malu yang luar biasa. Karena sudah menjadi orang terdekat seorang koruptor. Orang terdekat itu misalnya orang tua, teman, saudara, maupun tetangga. Mereka akan merasa malu dan menyesal telah mengenal dan membesarkan seorang calon koruptor.

4. Memperbanyak Beribadah dan Menguatkan Iman Kita
                Cara ini sangatlah ampuh. Jika kita memperbanyak ibadah, maka secara otomatis kita akan lebih memikirkan kehidupan di akhirat nanti daripada kehidupan di dunia yang hanya sementara ini. Sehingga akan menghilangkan keinginan untuk melakukan korupsi. Selain itu juga bisa dengan cara menguatkan iman kita. Jika iman kita sudah semakin kuat, maka kalau ada orang yang mengiming-imingi kita dan mengajak kita melakukan korupsi, maka secara otomatis kita akan menolaknya karena kita sudah mempertebal keimanan kita. Dengan menguatkan iman, kita akan takut dengan dosa yang akan kita dapat jika melakukan korupsi.

5. Mengajari Anak Untuk Jujur
                Anak adalah generasi penerus bangsa. Maka dari itu, sebagai orang tua, kita wajib mengajari anak kita agar melakukan hal-hal yang baik dan benar. Salah satu yang harus diajarkan dan diterapkan adalah kejujuran. Jika sejak kecil anak sudah diajari untuk jujur, maka ketika dia ingin melakukan kebohongan atau kecurangan (seperti korupsi), dia akan ingat dengan kejujuran yang telah diajarkan oleh orang tuanya saat dia masih kecil. Maka dari itu, penanaman sifat jujur ini sangat penting.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda. Mari kita berantas korupsi sejak dini.

---- SALANSI ( SALAM ANTI KORUPSI ) ----

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar!




Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.