Apa Itu Korupsi? Banyak Orang Yang Sudah Tahu


Download Beta


Artikel ini dulunya admin posting di http://salansi.blogspot.com. Namun sekarang blog tersebut sudah admin pusatkan di My-Axes.

Korupsi adalah satu kata yang sudah tidak tabu lagi bila didengar di zaman yang semakin maju ini. Bahkan kata ini sering terucapkan oleh mulut-mulut orang yang memahaminya. Bahkan, orang-orang yang awalnya tidak tahu apa itu korupsi, sekarang menjadi tahu apa itu korupsi. Semua itu merupakan dampak dari majunya zaman dan teknologi sekarang ini.

Coba saja anda bayangkan! Di dalam semua media informasi, mulai dari media cetak, media elektronik sampai media online pun dengan seringnya membahas semua hal yang berkaitan dengan korupsi. Mulai dari membahas apa itu korupsi, sampai membahas mengenai siapa yang sudah berani melakukan korupsi.

Di media jejaring sosial pun sekarang banyak dilakukan pembicaraan mengenai korupsi. Baik itu di jejaring sosial facebook, twitter, dll. Mulai dari pembicaraan di grup, fanspage, sampai di dalam status pribadi tiap orang. Itu menunjukkan betapa terkenalnya kata ini di telinga masyarakat sekarang.

            Meskipun begitu, kita tidak hanya mengandalkan pembahasan dari pembicaraan-pembicaraan itu. Kita juga harus melihat dulu, apa pengertian korupsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut ini pengertiannya :
ko·rup·si n penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain;
-- waktu cak penggunaan waktu dinas (bekerja) untuk urusan pribadi;
me·ngo·rup·si v menyelewengkan atau menggelapkan (uang dsb)

Pembahasan

Seperti yang telah dijelaskan di dalam pengertian dari KBBI di atas, korupsi adalah merupakan penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (selain uang negara, bisa juga menyalahgunakan uang daerah, uang di keluarga, dll ) untuk keuntungan pribadi atau orang lain (namun biasanya merugikan orang lain. Kecuali jika dia mengajak orang melakukan korupsi. Itu akan menguntungkan orang yang diajak melakukan korupsi. Kecuali kalau mereka ketahuan).

Yang kedua, korupsi waktu, yaitu salah satu contoh korupsi yang sering dilakukan di zaman sekarang ini. Biasanya korupsi ini dilakukan oleh para pejabat, guru, dan sebagainya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk kepentingan umum, dia gunakan untuk kepentingan pribadi. Itu sama artinya dengan istilah MAKAN GAJI BUTA. Maksudnya, dia selalu pergi saat jam kerja, namun dia tetap mendapatkan gaji dari negara/pemerintah. Mungkin yang melakukan hal ini menyadari akan hal ini. Hanya saja dia beranggapan bahwa masih ada banyak orang yang lebih parah darinya. Itulah pemikiran orang yang suka korupsi.

            Yang ketiga, mengorupsi, adalah tindakan yang dilakukan oleh para koruptor. Yaitu tindakan menyelewengkan atau menggelapkan (uang, waktu, dsb).

            Cukup ini dulu pembahasan kita kali ini. Semoga bisa semakin memperbanyak wawasan dan pengetahuan anda tentang korupsi. Dan juga semoga dengan adanya artikel ini, orang-orang yang akan melakukan korupsi bisa beralih fikiran sehingga tidak jadi korupsi. Amin.

---- SALANSI ( SALAM ANTI KORUPSI ) ----

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar!

Sumber Kutipan : KBBI Online



Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.