SMADAV Semakin Maju Dalam Menuntaskan Virus


Download Beta

Sobat Axes, pernah nggak kalian punya masalah sama virus? Virus komputer lho, bukan virus influenza ataupun virus flu babi. Hi,,, itu malah lebih ngeri daripada virus komputer. Saya yakin sebagian besar dari sobat Axes pernah bermasalah dengan virus. Terutama yang punya komputer/laptop ataupun yang cuma punya flash disknya doank.
Saya juga sering bermasalah dengan virus-virus komputer. Banyak virus yang mencoba menerobos dan merusak sistem operasi komputer saya. Yang paling sering saya temui di laptop saya dan laptop teman saya adalah virus shortcut. Gimana ciri-cirinya? Putih, mulus, berkaki empat, kalau dipegang berbunyi MOOO. Yah, itu mah ciri-ciri sapi. Haha J

Ciri-ciri atau karakteristiknya (Dalam bahasa Inggris = Characteristic) yaitu virus ini menyerang flash disk saat dicolokkan. Virus ini membuat 4 buah file di halaman utama flash disk. Kalau nggak salah, Empat file itu bernama Copy of Shortcut (1) – (4). Selain itu, virus ini juga membuat satu folder bernama Recycle/Recycler yang di dalamnya terdapat folder lagi dan di dalam setiap folder akan dibuat banyak file dengan nama acak dengan format tertentu. Selama flash disk dicolokkan dan menempel di komputer/PC yang terserang virus ini, maka file dalam folder itu akan selalu bertambah sampai memori flash disk anda penuh atau sampai anda melepaskan flashdisk anda.

Virus ini sangat cerdik karena dia masuk melalui flash disk atau file tertentu. Kemudian virus ini menyerang komputer induk. Setelah itu, virus mulai beraksi dengan mengcopy file ke flash disk saat ada flashdisk dicolokkan.

Bagaimana cara mengatasi virus ini?
Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Salah satunya pernah saya posting di blog ini. Namun kali ini saya tidak akan membahas cara itu lagi. Saya akan membahas cara yang menggunakan antivirus. Kalian tahu kan SMADAV? SMADAV adalah antivirus lokal Indonesia terpercaya. Semakin tahun, semakin hari, SMADAV mengeluarkan versi-versi terbarunya. Kini SMADAV sudah semakin maju dan canggih. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena, dulu pas laptop saya terkena virus shortcut, SMADAV hanya bisa mendeteksi virus buatan yang telah dibuat oleh virus induk. Tapi kini...SMADAV mengagetkan saya karena kemarin tanggal 9 Agustus 2012, laptop saya terkena virus shortcut saat mencolokkan memori card teman saya. Saat itu juga laptop saya terserang virus. SMADAV mulai mendeteksi, seperti awal pertama kemunculan SMADAV, SMADAV mendeteksi virus buatan yang dibuat oleh virus induk. Tapi, setelah beberapa langkah saya tempuh dengan SMADAV, maka virus saya sudah clear dan clean, dan nggak bakal mampir lagi (kecuali ada flashdisk yang membawa virus lagi).

Gimana caranya? Mau tahu nggak? Gampang. Oh ya pemberitahuan, saat 9 Agustus itu saya menggunakan SMADAV versi 2012 Rev 9.0.1 Update 14 Mei 2012. Kalau versi sekarang malah lebih bagus. Ikuti langkah berikut ini :
1. Saat virus menyerang, akan muncul peringatan dari SMADAV. Anda bisa memilih BERSIHKAN atau ABAIKAN. Itu terserah anda. Kemudian copot flashdisknya.
2. Segera buka task manager. Untuk XP Ctrl + Alt + Del. Untuk 7 dan Vista Ctrl + Alt + Del kemudian pilih Task manager. Setelah terbuka, pilih menu “Processes”. Cari semua proses “Firefox”. Klik kanan dan pilih “End Process Tree”.
Catatan :
Kenapa firefox? Karena virus ini biasanya masuk ke browser firefox. (bisa juga chrome, atau yang lain)
3. Setelah itu, segera SCAN komputer / PC / Laptop anda. Centang semua drive / disk yang ada. Centang juga “Registry Area” (semua. Termasuk “Deep (Over 1500 registry values)).
4. Setelah proses SCAN, klik atau pilih FIX atau BERSIHKAN. Kemudian Restart Komputer anda.
5. Setelah login kembali, saat startup, SMADAV akan memberikan peringatan bahwa komputer anda sedang terkena virus. Klik “ok” maka SMADAV akan me-SCAN dan akan menemukan virus itu. Setelah selesai, klik “FIX” atau “BERSIHKAN”.
6. Setelah itu, anda cari satu flash disk (bisa pinjam) yang benar-benar bersih dari virus. Anda colokkan flashdisk itu. Perhatikan! Jika SMADAV tidak memberi peringatan, maka komputer anda sudah aman dari virus shortcut. Coba cek kembali dengan membuka flashdisk itu di explorer. Ada file Copy of shortcut atau tidak? Kalau tidak, komputer anda benar-benar sudah bersih dari virus.
7. Copot flashdisk itu, kemudian anda colokkan flashdisk anda. SCAN hingga bersih. Jangan lupa hapus daftar virus yang ada di Quarantine (Karantina).
8. Sukses.

Jangan ragu untuk mencoba. Lakukan cara tersebut dengan segera saat terkena virus. Karena jika sudah terlalu lama bersarang di sistem operasi anda, maka akan semakin sulit caranya.
Cara di atas adalah cara cepat menuntaskan / menghapus virus menggunakan smadav segera setelah terkena virus.
Oh ya, saya belum membagikan antivirus SMADAVnya ya. Sampai lupa. SMADAV bisa di download DI SINI atau DI SINI.




Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.