Bagaimanakah Pendidikan Di Daerah Papua?


Download Beta


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada peringatan HARI KARTINI 2013. Tahu kan tanggalnya? Yaa 21 April 2013. Kalau nggak salah sekitar pukul 19:00 saya mendapatkan pesan singkat / sms dari seorang guru yang mengajar di daerah papua. Beliau meminta password file yang ada di blog ini dan saya pun memberikannya.


Ketika itu, saya memiliki sebuah pertanyaan yang ingin sekali saya tanyakan kepada beliau yaitu mengenai keadaan atau kondisi pendidikan di papua. Kemudian saya coba bertanya dan beliau menjawab bahwa pendidikan di daerah papua berjalan dengan lancar. Kalau para pendatang yang bukan asli papua pada semangat belajarnya, tapi suku asli papua meskipun sudah digratiskan masih saja tetap susah atau tidak semangat belajar.

Kemudian saya coba bertanya kembali, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Beliau menjawab dengan berpendapat (sesuai pengalaman beliau di daerah papua) seperti ini ”Mungkin dimulai pendidikan dari rumahnya sudah nggak bener, suku asli papua banyak yang malas,kerjanya tukang mabok, bikin kacau, tidak memikirkan masa depan, kecuali yang mau maju, contoh : kalau dapat duit ratusan juta bahkan miliaran bakal habis dalam hitungan bulan buat foya-foya. Pemikirannya keras…”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan (saya sebut “kebanyakan”, karena saya yakin tidak semua orang papua seperti ini) orang papua malas untuk belajar meskipun pemerintah sudah memberikan keringanan bahkan gratis sekolah. Hal ini disebabkan mereka tidak memikirkan masa depan. Mereka hanya memikirkan apa yang terjadi sekarang, bukan nanti dan yang akan datang.

Solusinya , para guru yang ditugaskan di daerah papua atau daerah lain yang memiliki masalah seperti ini harus berusaha mencari jalan keluar untuk mengubah rasa malas menjadi rasa gembira dan semangat belajar sehingga terjadi perubahan nantinya. Ciptakalah inovasi-inovasi baru yang mungkin bisa menggugah hati mereka.

Demikian sedikit ulasan dari saya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.



Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.