Apa Sih (Faktor) Yang Mempengaruhi Nilai Siswa?


Download Beta


Sobat, sebagai seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan, kita pasti mengenal nilai. Ya itulah yang diterapkan di Indonesia. Semakin baik nilainya, maka semakin baik juga kualitas orangnya/pengetahuannya. Padahal banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi bagus tidaknya nilai seseorang (siswa/pelajar).

Berikut faktor-faktor tersebut beserta pembahasannya :
1. Kualitas Siswa
Biasanya, jika tidak terpengaruh faktor lain, nilai akan dipengaruhi oleh kualitas siswa/pelajar. Semakin baik kualitasnya, maka nilainya pun akan mengikuti.

2. Kualitas Guru
Ini juga penting. Guru juga ikut serta mempengaruhi hasil/nilai yang didapatkan oleh siswanya. Jika guru tersebut mengajar dengan baik, maka hasil yang akan dihasilkan oleh siswanya pun akan semakin baik. Kadang-kadang juga ada guru yang mengajar dengan seenaknya sendiri sehingga menjadikan siswanya tidak paham dengan materi tersebut dan akhirnya jeblok (turun drastis) nilai-nilainya.

3. Cara Belajar Siswa Di Rumah
Cara belajar siswa juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nilai yang didapatkan. Jika siswa tersebut bisa belajar dengan baik di rumah, maka secara otomatis nilainya pun akan semakin baik. Meskipun misalnya guru di sekolahnya tidak mengajarnya dengan baik, dia akan tetap bisa mengikuti karena dia bisa belajar di rumah sendiri.

4.  Cocok Tidaknya Guru Menurut Siswa
Jika siswa merasa cocok dengan guru itu, maka siswa akan memperhatikan saat guru itu menjelaskan. Namun, jika siswa tidak menyukai / tidak merasa cocok dengan guru itu, maka itu akan membuat siswanya menjadi acuh tak acuh ketika guru tersebut menjelaskan materinya. Selanjutnya akan mempengaruhi hasil dari pembelajaran tersebut yaitu nilainya semakin baik atau semakin menurun.

5. Kebaikan Seorang Guru
Guru yang baik pasti akan memikirkan masa depan siswanya sehingga guru itu akan berusaha memperbaiki nilai siswanya. Berikut adalah cara yang biasa ditempuh oleh guru di Indonesia :
a. Memberikan Remidi / Perbaikan
Remidi adalah cara yang ditempuh oleh guru dalam memperbaiki nilai siswanya. Yaitu dengan cara memberikan tugas atau menyuruh siswanya mengerjakan ulang soal yang ada atau bisa juga dengan menyuruh siswa untuk mengerjakan soal yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
b. Menggunakan Rumus Konversi
Rumus konversi yaitu rumus yang digunakan oleh guru untuk menaikkan/meng-katrol/menyetarakan nilai siswanya. Sehingga nilai siswanya bisa meningkat/bertambah.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi nilai siswa. Jika kalian mau menambahkan, silakan tulis di komentar, dan saya akan menambahkannya di artikel ini dengan tetap mencantumkan namamu.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.



Share this post :

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.