Apakah Mitos Itu Benar? Bagaimana Cara Menanggapi dan Menghadapinya?


Download Beta


Sobat Axes, apakah di daerah kalian ada mitos-mitos tertentu? Mitos apa itu? Apakah mitos yang berkaitan dengan mistik? Atau berkaitan dengan percintaan? Atau yang lain? Di seluruh belahan dunia ini tersebar mitos-mitos tertentu yang masih banyak dipercaya oleh masyarakatnya.

Sebelum lanjut ke pembahasan. Kita buka dulu Kamus Besar Bahasa Indonesia kita. Kita cari dulu apa arti dari MITOS itu.
mi·tos n 1 cerita suatu bangsa tt dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tt asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tsb mengandung arti mendalam yg diungkapkan dng cara gaib; 
me·mi·tos·kan v mengeramatkan, mengagungkan secara berlebih-lebihan tt pahlawan, benda, dsb; menjadikan mitos; mendewakan: kecenderungan - seseorang perlu dicegah; 
pe·mi·tos·an n proses, cara, perbuatan menjadikan mitos; pendewaan

Nah, di atas adalah pengertian dan penjelasan tentang mitos yang dimuat di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sekarang kita analisa menurut pemahaman kita dan keseharian kita. Mitos adalah suatu aturan yang dipercayai dan sudah ada sejak zaman dulu yang biasanya berkaitan dengan suatu peristiwa atau suatu hal yang bisa menimbulkan suatu dampak tertentu jika ada yang melanggarnya.

Coba perhatikan pengertian saya tentang mitos di atas. Lihat pada kata yang berwarna merah. Itu adalah kata kunci yang merupakan faktor munculnya mitos-mitos tertentu.

Mitos muncul karena adanya suatu peristiwa yang menurut masyarakat sekitar merupakan peristiwa yang tak lazim. Biasanya peristiwa yang sama terjadi lebih dari sekali. Kemudian mereka akan mencari tahu apa latar belakang yang menyebabkan peristiwa tersebut. Masyarakat akan mencari tahu apa yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang sebelum terjadinya peristiwa tersebut.

Nah, itulah salah satu penyebab munculnya Mitos. Yang kedua, mitos tersebut akan semakin menyebar dan menyebar. Dan akan menimbulkan suatu kepercayaan pada diri seseorang atau banyak orang. Nah kata PERCAYA inilah yang membuat suatu MITOS selalu melekat di dalam kebudayaan masyarakat.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya, kita harus menghilangkan kata PERCAYA pada mitos-mitos tersebut. Apalagi kalau kita adalah umat beragama. Kita harus dan wajib menghindari “percaya dengan mitos”. Karena itu bisa menjadikan kita menjadi MUSYRIK (menyekutukan Tuhan kita). Kita harus lebih percaya kepada pencipta kita dari pada percaya dengan mitos-mitos tersebut.
Oh iya, hampir ketinggalan. Mitos itu juga akan menjadi suatu mainan bagi para setan maupun jin. Mereka akan berusaha mewujudkan mitos-mitos itu untuk orang-orang yang percaya dengan mitos itu. Sehingga orang-orang akan tersesat dan tidak akan mengenal Tuhannya lagi (ALLAH = Tuhan umat Islam).

Nah itulah sedikit pencerahan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa tinggalkan komentar. Gunakan bahasa yang sopan.



Share this post :

+ komentar + 2 komentar

19 September 2013 22.03

makasih banyak ya...dengan membaca ini saya jadi lebih yakin sama Allah...
makasih sudah mengingatkan saya untuk berjalan di jalan yang seharusnya saya lewati, yaitu meyakini Allah

20 September 2013 09.10

@amelia pinkertoon iya sama2. Sesama manusia harus saling mengingatkan kan??? :D

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.