Pengguna Motor Semakin Merajalela Di Jalanan


Download Beta


Sobat Axes (baca : Akses), pernahkah kalian memperhatikan sekeliling kalian? Apakah kalian sadar bahwa sekarang ini jumlah pengguna kendaraan bermotor semakin meningkat? Setiap tahunnya pengguna sepeda motor meningkat. Dan laju peningkatannya pun meningkat. Nah, maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai banyaknya pengguna kendaraan bermotor sekarang ini.

Jika kita perhatikan di jalan-jalan, serasa tak ada putusnya kalau kita melihat kerumunan kendaraan di jalan terutama jalanan kota. Wah itu sangat-sangatlah padat. Sebagai pengalaman, saya setiap pagi selalu ke kota. Ngapain? Ya Sekolah. ^_^

Setiap pagi saya selalu bergerombol dengan kerumunan kendaraan bermotor yang jumlahnya WOW. Saya sampai sangat takjub melihatnya. Saya saja sampai tidak sempat menghitungnya. Kalau saya masih sempet-sempetin buat menghitung, bisa bisa jari saya habis. Kenapa? Karena jumlahnya yang luar biasa banyak. Betul? Betul? Ya pasti betul.

Padahal, ini masih tahun 2012. Gimana kalau sudah menginjak tahun 2015 atau bahkan abad ke 22. Wah, mungkin jalan-jalan raya tidak akan bisa menampung banyaknya kendaraan bermotor lagi. Mungkin di setiap sudut ada motor yang sedang menunggu motor di depannya untuk maju.

Sekarang coba kita lihat di luar negeri. Kita lihat di negara yang memproduksi kendaraan ini. Negara mana coba? Ah, masak nggak tahu? Yups... udah ada yang jawab. Yaitu negara Jepang. Sebenarnya sih bukan hanya Jepang yang bisa memproduksi, tapi Jepang adalah pusatnya. Jadi kita ambil Jepang saja lah. Hehe :D

Di negara Sakura, Jepang, coba deh kalian lihat. Apakah di sana seperti di Indonesia? Apakah sama? Yah, jawabannya sudah pasti “berbeda”. Perbedaannya sangat jelas berbeda. Kalau di Indonesia, jalanan diramaikan oleh para pengguna kendaraan bermotor. Ramai dengan asap-asap kenalpot. Tapi di Jepang? Di Jepang sangat ramai akan pejalan kaki. Sampai-sampai dijuluki dengan sebutan LAUTAN MANUSIA. Ya karena jumlah orang yang jalan kaki sangatlah banyak. Mulai dari orang tua, anak-anak, anak muda, pelajar, orang kantoran, dan sebagainya.

Kenapa di negara Jepang justru lebih memilih jalan kaki daripada naik kendaraan yang mereka ciptakan? Padahal kalau dilihat dari segi harga, harga kendaraan di Jepang jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Harganya berkisar hanya 50% dari harga di Indonesia. Trus kenapa dong kok mereka lebih memilih jalan kaki? Mau tahu? Bener mau tahu? Karena PAJAK KENDARAAN DI JEPANG sangatlah mahal. Bahkan untuk membuat SIM saja itu sangat sulit dan mahal. Kenapa? Karena pemerintah di Jepang sadar bahwa mereka harus melakukan sesuatu agar negara mereka tidak menjadi pusat polusi di dunia. Dan negara berkembang seperti Indonesia lah yang menjadi target pemasarannya.

Dengan adanya pajak yang mahal, maka secara otomatis akan membuat orang-orang enggan untuk membeli kendaraan itu. Selain itu, juga karena mereka sadar bahwa jalan kaki lebih sehat bila dibandingkan dengan naik kendaraan. Kendaraan hanya akan membuat orang malas.

Nah, bagaimana solusi untuk memecahkan masalah yang sangatlah rumit ini? Indonesia belum bisa menjawab. Saya pun belum bisa menjawab. Karena Indonesia sudah terlanjur kecanduan dengan barang-barang seperti itu. Sehingga itu akan membuat orang semakin kecanduan dan sulit untuk menghilangkannya.

Mungkin saran saya, pemerintah membuat beberapa kebijakan khusus yang bisa menekan penggunaan kendaraan bermotor sehingga 5 atau 10 tahun yang akan datang, kita tidak melihat lagi kerumunan kendaraan yang luar biasa banyaknya.

Kebijakan yang bisa diambil misalnya : (Menurut saya)
1.       Setiap rumah / keluarga hanya diperbolehkan memiliki maksimal 2 sepeda motor dan 1 mobil. Jika terbukti lebih, maka kendaraan tersebut dimusnahkan dengan adanya peringatan sebelumnya.
2.       Menaikkan pajak kendaraan.
3.       Menyediakan layanan KENDARAAN UMUM. Seperti bus sekolah (maksimal 3 per kabupaten/kota) , bus umum (maksimal 5 per kabupaten/kota) , dan angkutan umum (maksimal 5 per kabupaten/kota). Kalau sanggup, sediakan kereta listrik bawah tanah (khusus perjalanan jauh).
4.       dll
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Bila ada ucapan yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Terimakasih dan sampai jumpa lagi di posting berikutnya.
Jangan lupa tinggalkan komentar.
kelamaax � s i ؏o Xto .
Semoga bermanfaat. Terimakasih.



Share this post :

+ komentar + 1 komentar

29 November 2012 16.21

thx infonya gan
jgn lupa komen back http://adeputra-pkp.blogspot.com

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.