Siswa Bosan dan Cara Mengatasi (untuk pengajar)


Download Beta


Assalamualikum wr wb
Salam sobat semua,
Bosan. Adalah satu kata yang banyak dirasakan oleh semua orang, tak terkecuali para pelajar atau siswa. Perasaan bosan ini timbul akibat adanya hal-hal tertentu yang membuat orang itu jenuh dan tidak merasakan semangat.
Para pengajar seperti guru atau pembimbing biasanya menemui siswanya bosan dengan jam pelajarannya. Sehingga lama-lama, guru itu ikut-ikutan menjadi bosan juga. Hehe J.
Sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan siswa itu merasa bosan. Berikut ini beberapa faktor-faktor tersebut :
1. Lelah / Capek
 
Siswa/pelajar jika sudah merasa lelah, maka mereka akan merasa bosan sehingga tidak memperhatikan gurunya.
2. Lapar
Siswa/pelajar juga akan merasa bosan jika saat jam pelajaran, perut mereka terasa lapar.
3. Siswa Tidak Suka Kepada Guru Pengajarnya
Siswa akan merasa bosan bahkan tidak akan menganggap kalau dia sedang diajar, jika siswa tersebut tidak suka atau bahkan membenci guru itu.
Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan siswa tidak suka dengan gurunya :
                a. Mata Pelajaran (Mapel) yang diajarkan tidak disukai oleh siswanya,
                b. Mapelnya tergolong mapel sulit,
                c. Gurunya kurang aktif, (maksudnya, gurunya hanya duduk ditempatnya dan membacakan materi tanpa ada kegiatan pengajaran lain)
                d. Gurunya galak, (guru yang sering marah-marah tanpa sebab, bisa membuat siswanya menjadi tidak menyukainya dan mapel yang diajarkannya)
4. Siswa bosan atau jenuh dengan kegiatan yang hanya itu-itu saja.
Siswa akan merasa bosan jika metode pembelajaran hanya seperti biasa yaitu menerangkan, membacakan, menulis, dan memberi tugas serta mencocokkan dengan metode biasa. Siswa butuh kegiatan lain yang lebih menyenangkan.

                Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengajar supaya siswanya/muridnya tidak merasa bosan saat kegiatan belajar mengajar. Cara itu adalah sebagai berikut :
1. Saat pertama masuk ke ruangan kelas (pertama kali), usahakan untuk menunjukkan semangat yang luar biasa dari diri anda.
 
2. Jika cara pertama sudah anda lakukan, maka sekarang anda harus membiasakan untuk bersikap semangat setiap memasuki ruangan kelas.
3. Jika sudah berada di dalam kelas, tunjukkan bahwa anda adalah guru yang “fun” atau “humoris” agar siswa selalu merasa senang dan nyaman.
4. Jika sedang mengajar, usahakan untuk tidak berada di kursi guru terus menerus. Berkelilinglah sesaat untuk lebih dekat dengan siswa/murid.
5. Anda berikan sugesti kepada siswa anda dengan menunjukkan bahwa anda tidak seram dan tidak menakutkan.
6. Buatlah suatu kegiatan atau aktifitas yang lain tapi masih ada hubungannya dengan mapel yang anda ajarkan. Misalnya tebak-tebakkan, drama, bernyanyi, dsb.
7. Buatlah metode pembelajaran anda menjadi lebih menyenangkan dan mudah diingat. Misalnya menghafalkan rumus dengan menyanyikannya menggunakan lagu, menghafalkan rumus dengan jalan keledai, dsb.

Demikian posting ini saya buat. Meskipun saya bukan seorang guru / dosen / pengajar, saya hanyalah seorang siswa, tapi saya berharap dengan posting ini bisa memberikan inspirasi kepada para pengajar untuk mengubah diri menjadi seperti yang diinginkan siswanya sehingga siswa tidak bosan dan jenuh. Saya tidak berpihak kepada siswa/pelajar, saya hanya memberikan pendapat dan saran sesuai dengan apa yang telah saya amati dalam kehidupan sehari-hari saya selama mencari ilmu di sekolah.
Semoga posting ini bermanfaat,
Wassalamualikum wr wb



Share this post :

+ komentar + 2 komentar

16 Januari 2013 14.27

terimakasih atas infonya

ikuti KOMPETISI CERDAS CERMAT ONLINE SEJATIM-2 ada banyak hadiah ada uang ratusan juta,piala,tablet PC dan masih banyak lagi

17 Januari 2013 14.40

@TRI OUT ONLINE Okey . .

Poskan Komentar

Peraturan :
Karena beberapa kali terjadi penulisan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan, maka banyak komentar yang admin hapus. Dan admin mengubah settingan komentar.

1. Silakan tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan artikel.
2. NO SARA, NO PORNO, NO KEKERASAN.
3. Dilarang menulis komentar yg sama pada setiap posting.
4. Akun anonim sudah dinonaktifkan.
5. Jika menggunakan Name dan URL, harus URL yang valid. (tidak berlaku/dinonaktifkan)

> Jika ditemukan komentar yang melanggar ketentuan ini akan dihapus.
> Berlaku untuk komentar mulai 21 April 2013 dan seterusnya.

Sponsor

Anda merasa dibantu??? Silakan berikan DONASI anda seikhlasnya.

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My-Axes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Selamat datang di My-Axes Edukasi. Sebuah situs blog sederhana yang akan memberikan anda pengetahuan-pengetahuan dan artikel terupdate. Ingin lebih dekat dengan admin? Hubungi admin dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke 085641282142. Terimakasih.